Jumat, 25 Oktober 2013

KONFIGURASI IP ADDRESS, DNS & GETWAY DENGAN MIKROTIK RB750

07.13

Di bagian ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana reset konfigurasi setting mikrotik RB750. Yang kita lakukan pertama kali yaitu menghubungkan RB750 dengan PC atau  jaringan LAN kita dan reset setting konfigurasi default RB750.
·         Konek kabel internet/WAN (contoh dari modem speedy) ke port 1, dan port 2-5 ke hub/switch LAN atau bisa langsung ke PC.
·         Set IP LAN komputer anda dengan setting otomatis (DHCP)
·         IP default mikrotik RB750 adalah 192.168.88.1 dengan default username “admin” password kosong. IP yang di dapat PC klien 192.168.88.2 sampai 192.168.88.254.
·         Masukan kabel utp dari modem speedy ke port 1 Mikrotik RB750
·         Masukan kabel utp dari port 2 ke switch/hub atau langsung ke PC Client
·         Setelah semua kabel terkoneksi dengan benar, anda cek IP Address PC client yang terhubung dengan mikrotik (Local Area Connection di set Automatic/DHCP)
·         Lakukan langkah Start > Control Panel > Network Connection > Klik 2x pada Local Area Connection > Klik tab Support
·         Ip Address yang diberikan otomatis Mikrotik untuk PC client 192.168.88.2 – 192.168.88.254 dengan gateway 192.168.88.1 (ip default router mikrotik)

Buka winbox, kalo belum ada download dari RB750 anda dengan browsing ke alamat IP mikrotik andahttp://192.168.88.1/winbox/winbox.exe

Login dengan username password default :
Login                  : admin
Password            : kosong
Akan tampil dialog seperti ini :


Jika sudah terhubung pada winbox kita setting adressnya, masuk ke menu pilih IP lalu pilih Addresses, Maka akan muncul Tampilan seperti berikut :

Lalu pada alamat yg ada di Address List, kita Remove IP Addres yang sudah ada sebelumnya dengan menekan tombol Remove (-). Dan setelah IP Address telah Kosong sepenuhnya. Kita buat new address dengan Menekan tombol Add (+) dan setelah itu  masukan alamat IP-nya, Jika Pengalamatan (Address) sudah diisikan pada Interface kita pilih yang ether 1-getway.

 Setelah Pengisian Form diatas sudah dilakukan, segera lakukan penerappannya dengan menekan tombol Apply kemudian OK.

Selanjutnya lakukan langkah Pengaturan pada DNS-nya, dengan menekan tombol Menu -> IP -> DNS, pada DNS Setting kita masukan alamat DNS jika sudah diberi Add New Value kita kasih alamat DNS yg kedua, maka akan muncul seperti ini :


Setelah Proses Pengaturan DNS selesai dilakukan. Maka kita mulai Pengaturan pada Firewallnya caranya menekan tombol Menu -> IP -> Firewall maka akan muncul Tampilan, seperti ini :

Setelah itu pada menu Firewall kita ke menu tab NAT, tetapi sebelumnya isi yg didalam menu tab NAT kita Remove (-) terlebih dahulu. Jika Default Konfigurasi sudah terhapus semua, maka kita buat Default Konfigurasi yang baru dengan cara menekan tombol Add (+).

Pada menu New NAT Rule pada tab general kita setting Out. Interface kita pakai ether 1 getway, jika sudah kita ke menu tab action pada action kita pilih masquerade lalu OK

                Setelah itu kita lakukan Pengaturan pada Routes, dengan cara menekan tombol Menu -> IP -> Routes. Kemudian pada Route List kita buat Route baru (Add), lalu pada getway kita Add New Value lalu isikan alamat getway, sbb :
Selanjutnnya kita masuk dimikrotik caranya kita cari menu new terminal kemudian lakukan test dengan melakukan ping ke URL google.com, jika sudah berhasil maka router sudah connect internet dan akan muncul tracer route-nya sbb:

Untuk proses ini belum sepenuhnya selesai, karena kita harus melakukan Pengaturan pada Address agar computer bisa connect dengan internet. carannya kita masuk lagi ke Menu -> IP -> Address untuk melakukan penambahan Alamat Baru.
Jika sudah pada Interface kita pilih ether 2 lalu pada Network kita isikan alamat IP.


Jika sudah selesai kemudian kita setting alamat IP, GETWAY dan DNS  pada computer di local area connection.

Setelah selesai dilakukan pengalamatan pada IP addres, Getway dan DNS segera lakukan Pengecekan Via Command Prompt untuk melakukan ping google.com .jika replay computer sudah connect dengan internet.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Raizexe Blog. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top